Sunday, April 26, 2015

Kota Ini Punya 365 Gereja, 1 untuk Tiap Hari dalam Setahun

Kota Ini Punya 365 Gereja, 1 untuk Tiap Hari dalam Setahun

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Selasa, 14/04/2015 07:20 WIB
Salvador - Di pesisir timur laut Brasil, terdapat sebuah kota tua yang dulu jadi ibukota perdagangan Amerika Selatan. Namanya Kota Salvador, yang punya 365 gereja. Satu gereja untuk 1 hari tiap tahunnya!


Salvador adalah nama ibukota Provinsi Bahia, Brasil. Pada 1985, kawasan Old Town (Kota Tua) Salvador dicanangkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Ini karena Salvador menjadi pusat perdagangan di masa lampau, serta disebut-sebut sebagai kota asal budaya Brasil.



Dari pantai berpasir putih sampai deretan bangunan bersejarah, Salvador menyuguhkan banyak suguhan seru untuk wisatawan. Namun yang unik, kota ini punya gereja berjumlah 365. Jumlah yang sama dengan total hari dalam 1 tahun.



Mengutip situs Discover Brazil, Selasa (14/4/2015), gereja itu dibangun agar penduduk beribadah di tempat berbeda setiap harinya. Banyak gereja yang berusia lebih dari 300 tahun, antara lain A Igreja de Nossa Senhora do Rosario dos Pretos, O Irmandade de Nossa Senhora do Rosario dos Homens Pretos do Pelourinho, juga Nossa Senhora do Rosario.



Gereja-gereja ini dibangun antara tahun 1685-1780. Salah satu gereja yang jadi favorit wisatawan adalah A Igreja de Sao Francisco (The Church of Saint Francis), yang terletak di kawasan Old Town. Gereja yang dibangun pada 1686 ini menghadap langsung alun-alun Praca Anchieta.



Bagian dalam gereja ini tampak sangat mewah, dengan ornamen ukiran berwarna emas. Aneka bentuk patung menghiasi dinding dan langit-langit. Dindingnya terbuat dari marmer, dan lantainya dari keramik. Sangat mewah dan cantik!


Tak heran, banyak wisatawan yang penasaran dan mengunjungi Salvador untuk berkeliling gereja cantik. Agama Katholik ratusan tahun lalu dibawa oleh orang Portugis dan Candomble (orang Afrika yang dulunya adalah budak). Perpaduan budaya juga menghasilkan Capoeira, olahraga gabungan tari dan bela diri.


Patung di dalam A Igreja de Sao Francisco (Salvador Central)


Bagian dalam A Igreja de Sao Francisco (Salvador Central)


Catedral Basilica on the Terreiro de Jesus (Salvador Central)


Sumber:
http://travel.detik.com/read/2015/04/14/072020/2886349/1520/kota-ini-punya-365-gereja-1-untuk-tiap-hari-dalam-setahun





No comments:

Post a Comment